SMPN 4 Kota Bekasi Gelar Roots Day

Oleh ulfaNF 11 Nov 2021, 11:38:03 WIB dikdas
SMPN 4 Kota Bekasi Gelar Roots Day

Kemendikbudristek bekerjasama dengan UNICEF Indonesia dan mitra melaksanakan program pencegahan perundungan dan kekerasan berbasis sekolah “Roots Indonesia” ke lebih dari 1.800 SMP dan SMA Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan di tahun ini (2021). Program Roots Indonesia akan melibatkan siswa sebagai Agen perubahan dan guru sebagai Fasilitator.

Kali ini terpilih secara sistematis 30 siswa SMPN 4 Kota Bekasi sebagai duta perundungan yang berasal dari kelas 7, 8, dan 9 dimana data siswanya diambil dari dapodik.

“Sistem yang memilih sehingga 30 anak ini terpilih dari mulai 15 yang higt, 10 yang midle, 5 yang lower dan itu sistem yang bekerja bukannya dipilih oleh guru, oleh kepala sekolah, dari dapodik sistemnya itu,” pungkas Sungkawati Kepala Sekolah SMPN 4 Kota Bekasi.

Roots Day (Hari Anti Perundungan) sebagai upaya mencegah aksi perundungan atau bullying di lingkungan sekolah, SMPN 4 Kota Bekasi kali ini mengambil tema "Tolak Perilaku Perundungan, Prestasi Hebat, Karakter Kuat" pada, Rabu (10/11/21).

Hj. Sungkawati menjelaskan, program Roots Day merupakan program global pencegahan kekerasan di kalangan teman sebaya. Para duta diharapkan bisa memberikan contoh agar berperilaku baik dan menebarkan kebaikan sehingga tidak ada kekerasan dikalangan teman sebaya yang berfokus pada upaya membangun iklim yang aman di sekolah.




Acara ini dihadiri oleh Wali Kota Bekasi, Dr. Rahmat Effendi, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Dr. Inayatullah, Kasi Bidang SMP Disdik Kota Bekasi Mawardi, DPPPA Kota Bekasi, Camat Bekasi Selatan, Lurah Kayuringin, Korlas, dan Komite Sekolah.

Sgkawati berharap dengan kegiatan ini lahirlah anak-anak kembali kepada karakter budaya Indonesia yang ramah.

 “Anak-anak ditengah krisis karakter mudah-mudahn dengan adanya kegiatan roots day program anti perundungan ini anak-anak kembali kepada karakter budaya indonesia yang ramah dan inovasi, kreatif belajar dan mengaji,” pungkas Sungkawti.