Plt. Wali Kota Bekasi Buka Lokakarya Festival Panen Raya Hasil Belajar Guru Penggerak

Oleh ulfaNF 22 Des 2022, 09:04:34 WIB Umum
Plt. Wali Kota Bekasi Buka Lokakarya Festival Panen Raya Hasil Belajar Guru Penggerak

Keterangan Gambar : Plt Wali Kota Bekasi Buka Lokakarya Festival Panen Raya Hasil Belajar Guru Penggerak


BEKASI - Plt. Wali Kota Bekasi, Dr. Tri Adhianto membuka secara resmi Lokakarya 7 Festival Panen Raya Hasil Belajar Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan ke-V Kota Bekasi yang digelar di Balai Patriot, Kamis (22/12/22).

 

Dihadiri Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Pengawas SD dan SMP, MKKS, K3S serta para tamu undangan lainnya, Festival Panen Raya Hasil Belajar tersebut berlangsung dengan meriah.

 

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Dr. UU Saeful Mikdar mengatakan festival panen raya hasil belajar program pendidikan guru penggerak merupakan sebuah pendidikan bagi guru yang berorientasi pada perubahan atau tranformasi sistem pendidikan.

 

“Pada lokakarya 7 ini para calon guru penggerak membagikan berbagai aksi nyata dan program-program yang sudah dilaksanakan kurang lebih enam bulan mengikuti pendidikan guru penggerak. Hal tersebut dimaksudkan untuk melihat perubahan positif yang sudah dirasakan disekolah calon guru penggerak,” ucapnya.

 

Menurut Kadisdik, lokakarya bagi calon guru penggerak ini sangat penting untuk dilaksanakan, karena melalui kegiatan inilah mereka diberi ruang untuk membuktikan bahwa dengan mengikuti pendidikan guru penggerak maka telah memenuhi kompetensi pemimpin pembelajaran, karena telah mampu menggerakkan sebuah ekosistem pembelajaran disekolah dan mampu menjalankan program-program yang benar-benar berdampak bagi para murid di sekolah.

 

“Tujuan digelarnya lokakarya festival panen hasil belajar yaitu calon guru penggerak dapat menjelaskan proses yang dialami dan praktek baik yang didapatkan selama mengikuti program guru penggerak dan berdampak pada murid. Calon guru penggerak juga dapat menjelaskan saran untuk pengembangan dari para pengunjung, dan juga membagikan hasil pembelajaran selama enam bulan dan dampaknya kepada diri sendiri dan kepada undangan lokakarya khususnya para kepala sekolah, komunitas daerah, maupun teman sejawat,” ungkap Kadisdik.

 

Adapun hasil yang diharapkan melalui festival ini adalah calon guru penggerak mampu menganalisis penerapan program yang dibuat semala enam bulan, calon guru penggerak mampu mengidentifikasi hasil praktik baik dilingkungan pelajar maupun sekolah, dan perwakilan calon guru penggerak mampu menyampaikan hasil pembelajaran dikelas berbagi.

 

Sementara itu, Plt. WaliKota Bekasi Dr. Tri Adhianto mengatakan pemerintah daerah sangat bersyukur dan mengapresiasi dilaksanakannya festival panen hasil belajar program pendidikan guru penggerak di Kota Bekasi.

 

Menurut Dr. Tri Adhianto,  Guru merupakan kontribusi terbesar dalam perkembangan di Kota Patriot.

 

“Pilar utama perkembangan di Kota Bekasi ini adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yaitu melalui Guru-guru yang telah berkontribusi dalam mendidik generasi-generasi muda di Kota Bekasi. Dan keberhasilan pembangunan terletak pada pendidikan,” ucapnya.

 

Pemerintah daerah sangat mendukung dengan adanya program guru penggerak ini dalam rangka membangun generasi penerus bangsa dan masa depan negara. persoalan ke depan Kota Bekasi dan Indonesia kuncinya ada di anak-anak ini, dan landasan utamanya adalah para guru yang selalu tergerak, bergerak dan menggerakan.

 

Disisi lain, Mas Tri Adhianto mengatakan, kunci rahasia dunia itu ilmu, kunci akhirat itu ilmu. jika ingin mendapatkan keduanya yaitu dengan Ilmu (pendidikan). (ulfa)