VISI MISI

By Admin 19 Jun 2017, 20:39:37 WIB , 1911 view

Visi dan Misi Dinas Pendidikan Kota Bekasi

           A. VISI Dinas Pendidikan

Guna menghadapi ketatnya persaingan kebutuhan kompetensi di tingkat Propinsi, Nasional maupun Global, Pemerintah Kota Bekasi telah menetapkan kebijakan pembangunan sumber daya manusia masyarakat Kota Bekasi yang berkualitas sebagai agenda utama pembangunan daerah. Sektor pendidikan menjadi sangat dominan dalam pengembangan sumber daya manusia ini. Untuk kepentingan ini pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas pendidikan telah menyusun Visi  untuk 5 (lima) tahun ke depan (2013-2018) dirumuskan sebagai berikut :

 

“Terdepan dalam Pelayanan Pendidikan Berkualitas dan Berkarakter”.

 

 Hal-hal menyangkut pengertian, ruang lingkup atau batasan dari setiap penyataan dari visi tersebut agar menuju pada sati penafsiran/atau persepsi, maka perlu dijelaskan sebagai berikut :

        1. Terdepan adalah mengandung arti maju atau memiliki keunggulan yang kompetitif dan berkelanjutan untuk memenuhi seluruh kebutuhan dasar pendidikan melalui upaya yang dinamis, sistematis, terencana dan berkelanjutan tidak hanya berorientasi pada hasil semata, tetapi juga memperhatikan kualitas proses untuk mencapai hasil yang senantiasa memenuhi harapan dan tuntutan para pengguna atau stakeholders.
        2. Layanan Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
        3. Berkualitas adalah mengandung arti, bahwa apa yang diusahakan oleh segenap komponen dan unsur pendidik dan tenaga kependidikan, menghasilkan sumber daya terdidik yang dapat diandalkan (berkualitas) dan berdaya saing tinggi menuju masyarakat madani. baik untuk kepentingan kompetisi dunia kerja maupun untuk kepentingan implementasi keilmuan di lingkungan lokal, regional maupun global.
        4. Berkarakter adalah mengandung arti bahwa baik proses maupun input yang dihasilkan berkepribadian, berperilaku, bersifat, bertabiat, dan berwatak sesuai dengan harkat dan martabat manusia yang tercermin dari prilaku bersandarkan pada nilai-nilai keagamaan, jatidiri bangsa dan sosial budaya.

B. MISI Dinas Pendidikan

Dalam pencapaian Visi Dinas Pendidikan Kota Bekasi pada tahun 2018 seperti di atas, maka beberapa Misi yang dapat ditetapkan bagi dinas seperti berikut :

  1. Meningkatkan Ketersediaan Layanan Pendidikan
  2. Meningkatkan Keterjangkauan Layanan Pendidikan
  3. Meningkatkan Keterjaminan Layanan Pendidikan
  4. Meningkatkan Kualitas Input, Proses dan Output serta Relevansi Pendidikan
  5. Meningkatkan Impelementasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter