Dinas Pendidikan Kota Bekasi sukses menggelar lomba guru dan Kepala Sekolah berprestasi jenjang SD d

By Renprog 28 Mei 2019, 12:47:23 WIB Umum
Dinas Pendidikan Kota Bekasi sukses menggelar lomba guru dan Kepala Sekolah berprestasi jenjang SD d

Dinas Pendidikan Kota Bekasi sukses menggelar lomba guru dan Kepala Sekolah berprestasi jenjang SD dan SMP tingkat Kota Bekasi tahun 2019. Lomba ini dilaksanakan selama 2 hari (23-24 Mei 2019) di kompleks SMP Negeri 2 Kota Bekasi.Lomba guru dan Kepala Sekolah berprestasi tersebut bertujuan untuk mencari guru dan Kepala Sekolah terbaik yang memiliki kinerja di atas standar. Dimana guru sebagai pendidik dan Kepala sekolah sebagai manajer  yang menghasilkan karya kreatif dan inovatif dilingkungan sekolah. Memiliki nilai diatas rata-rata yang mencakup kompetensi padagogik, kepribadian, sosial, motivasi, dedikasi dan juga profesionalisme sebagai guru akan maju mewakili Kota Bekasi ketingkat Provinsi Jawa Barat.

Guru maupun Kepala Sekolah adalah pendidik profesional, yang bertugas mengajar, mendidik, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik dalam satuan pendidikan. Seiring perkembangan peradaban dan pembangunan, menjadikan peran guru maupun Kepala Sekolah semakin bermakna strategis dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam menghadapi era globalisasi abad ke 21 dan era revolusi 4.0.

Pemerintah, mulai dari tingkat pusat, provinsi sampai kabupaten/kota sangat sungguh-sungguh memperhatikan peningkatan kualitas guru. Hal ini ditunjukkan dengan program seleksi guru dan Kepala sekolah berprestasi yang menjadi agenda rutin tahunan dinas pendidikan kabupaten/kota, provinsi sampai kementerian pendidikan.

Lomba guru dan Kepala sekolah berprestasi tingkat Kota Bekasi 2019 ini mengusung tema “Membangun Pendidikan Dasar Yang Berkemajuan Melalui Peningkatan Kompetensi Guru dan Kepala Sekolah Menyongsong Pembelajaran abad 21 dan Era Revolusi Industri 4.0“. Lomba ini dihadiri Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabiddikdas) Dra. Sri Yulinarti, M.Pd, Kasie Kurikulum, Junaedi, Kasie SD Hj.Triani Emi Suswati, M.Pd, Kasie SMP, Mawardi M.Pd, pengawas SD dan pengawas SMP se-Kota Bekasi.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dra.Sri Yulinarti, M.Pd, setelah pengumuman pemenang mengucapkan selamat bagi guru dan Kepala sekolah yang berhasil dan terpilih menjadi juara, mudah-mudahan nantinya kita mengulang prestasi yang pernah kita raih iyaitu juara di tingkat Provinsi Jawa Barat dan ditingkat Nasional “ungkap Sri.

Sri Yulinarti juga mengatakan dari hasil lomba ini nantinya akan mewakili 1 guru dan 1 kepala sekolah SD dan SMP ketingkat Provinsi Jawa Barat. Untuk menang dan kalah itu adalah sebuah hasil dari proses lomba, saya salut dan sangat menghargai atas usaha dan kerja keras dari rekan-rekan guru maupun Kepala sekolah, walaupun dalam suasana menjalankan ibadah puasa tetapi mampu mengikuti lomba dengan baik, “jelas Yuli.Uus Husniah Husin, S.Pd, M.Si.

“Bagi guru dan Kepala Sekolah sekalian dalam lomba ini adalah merupakan pengalaman buat kalian semua, bagi yang belum mendapat juara jangan berkecil hati, namun semua sama, yang terpenting kalian adalah guru-guru terbaik dan Kepala sekolah terbaik yang sudah tercatat saat ini di Kota Bekasi, “papar Yuli.Untuk ikut mensukseskan lomba Guru dan Kepala sekolah berprestasi tingkat Kota Bekasi 2019 ini Dinas Pendidikan melibatkan tim penilai yang profesional, mereka adalah guru dan Kepala Sekolah serta pengawas yang telah sukses meraih juara di tingkat Provinsi Jawa Barat dan ditingkat Nasional.Triono M.Pd

Adapun hasil lomba guru dan Kepala Sekolah berprestasi jenjang SD dan SMP tingkat Kota Bekasi tahun 2019 adalah sebagai berikut :

Guru Berprestasi SD
1. Hartiningsih S.Pd  SDS Al-Azhar 06
2. Nano Karsono S.Pd SDN Bintara II
3. Rianti Malau. S.Pd.  SDN Jati Luhur IV
Kepala Sekolah Berprestasi SD
1. Rince Wiki Utami S.Th, M.Pd. Jati Asih
2. Triono S.Pd. MM. Bekasi Barat
3. Veronika Ratna Y S.Pd  Bekasi Selatan
Guru Berprestasi tingkat SMP
1. Lilis Komalawaty            SMPN 41
2. Wiwik Suluh Trisna  H.    SMPN 26
3 Marlinawaty                       SMPN 4
Kepala Sekolah Berprestasi SMP
1. Indra Gunawan  SMPN 39
2. Munajam            SMPN 41
3. Tri Wahyuni        SMPN 35Sebagai informasi SMP Negeri 41 Kota Bekasi tahun ini berhasil mendapat juara 1 untuk guru dan juara 2 untuk Kepala Sekolah berprestasi. Sedangkan Kepala Sekolah dari SMP Negeri 39 Kota Bekasi berhasil meraih peringkat 1 dan akan mewakili Kota Bekasi Ketingkat Provinsi nanti, tidak seperti biasa nya saat ini sekolah-sekolah SMPN Kategori sekolah baru dapat meraih prestasi dan dapat bersaing dengan sekolah-sekolah unggulan.Sementara Kecamatan Bekasi Barat masih mendominasi ajang lomba guru dan Kepala Sekolah berprestasi jenjang SD. Untuk tahun ini guru dari Kecamatan Bekasi Barat mendapat peringkat 1 dan 2 sementara untuk Kepala Sekolah meraih peringkat ke 2.

Semua ini tidak lepas dari bimbingan yang secara continue dilakukan oleh pengawas sekaligus ketua KKPS Kecamatan Bekasi Barat, Uus Husniah Husin, S.Pd, M.Si. Dimana Uus Husniah Husin pengawas SD yang berprestasi ditingkat Nasional ini dapat mengantarkan guru dan Kepala Sekolah dari Kecamatan Bekasi Barat untuk meraih prestasi ditingkat Kota Bekasi, Provinsi hingga di tingkat Nasional secara berturut-turut.

Bagi guru dan Kepala sekolah peraih juara dalam lomba ini berhak mendapat sertifikat dari Dinas Pendidikan Kota Bekasi. Sertifikat tersebut diberikan langsung oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dra.Sri Yulinarti, M.Pd, saat lomba selesai dilaksanakan.? JOS




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar