Tingkatkan Kualitas Guru Disdik Petakan Kompetensi Guru

Oleh Subagperlap 13 Mar 2019, 00:27:03 WIB Umum
Tingkatkan Kualitas Guru Disdik Petakan Kompetensi Guru

Keterangan Gambar : Sekretaris Dinas Pendidikan


KOTABEKASI - Guru merupakan tonggak terpenting dalam pendidikan. Baik buruknya kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh standar kualitas guru. Oleh karena itu, guru perlu meningkatkan kompetensinya seperti tercantum dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Ada empat kompetensi yang harus dipenuhi guru, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan kompetensi sosial. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Dr. Inayatullah. 

"Guru merupakan tonggak terpenting dalam pendidikan, dengan itu Dinas Pendidikan Kota Bekasi selalu memperbaiki kualitas para guru. Seperti tercantum dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Ada empat kompetensi yang harus dipenuhi guru, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan kompetensi sosial," papar Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Dr. Inayatullah saat ditemui diruang kerjanya.

Menurutnya, uji kompetensi guru dalam tiga tahun terakhir menunjukkan hasil standarisasi masih perlu untuk ditingkatkan untuk mencapai target standar pelayanan pendidikan untuk kompetensi guru.

" Masih perlu ditingkatkan untuk mencapai target standar pelayanan pendidikan untuk kompetensi guru," Kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi.

Lanjutnya, tentu harus ada langkah konkrit untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi guru. Dalam hal ini Dinas Pendidikan Kota Bekasi menyadari hal ini dan mengantisipasinya dengan membuat pemetaan standar kompetensi guru. Berbagai pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru sudah dilakukan, termasuk pelatihan mengajar yang disesuaikan dengan perkembangan zaman seperti pemanfaatan teknologi.

" Untuk mendongkrak kualitas guru harus dibuat pemetaan standar kompetensi guru, berbagai pelatihan juga sering kita lakukan, termasuk pelatihan saat mengajar dikelas. Tentunya karena saat ini merupakan era digitalisasi maka pemanfaatan teknologi dalam mengajar juga diperlukan, harus berinovasi, kreatif," katanya lagi.

Pihaknya juga mengatakan, pelatihan, pemberdayaan, peningkatkan sarana belajar mengajar juga menjadi faktor penting dalam peningkatan kompetensi guru. Bukan pemandangan aneh bila guru menggunakan perlengkapan multimedia dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar. Hal ini akan meningkatkan kompetensi profesional guru yang akan berimbas positif terhadap peningkatakan kualitas siswa didik.

"Kegiatan-kegiatan seperti pelatihan, pembekalan, dan pemberdayaan guru, peningkatan sarana tentu sangat penting untuk meningkatkan kualitas mereka. Dengan meningkatkan standar kualitas guru, kualitas pendidikan pun akan meningkat secara signifikan. Bagaimana pun, pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting bagi bangsa ini," tutupnya. (IN)