SMPN 5 Kota Bekasi Lakukan Tes Diagnostik Terhadap Siswa Barunya

Oleh indra lesmana 20 Jul 2022, 17:00:56 WIB dikdas
SMPN 5 Kota Bekasi Lakukan Tes Diagnostik Terhadap Siswa Barunya

Keterangan Gambar : Suasana Pelaksanaan MPLS di salah satu ruangan kelas SPMN 5 Kota Bekasi. Nampak salah satu guru memberikan arahan kepada para siswa


Kota Bekasi – Kesungguhan Sri Mulyani, M.M.Pd., Kepala Sekolah SMPN 5 Kota Bekasi dalam mencetak generasi pintar patut mendapatkan apresiasi, pasalnya ia berani melakukan penetrasi dengan menerapkan tes diagnostik terhadap siswa-siswanya yang telah lolos melalui jalur prestasi akademik (SKNA).    

Didapati hasil yang mencengangkan, karena nilai SKNA tertinggi justeru mendapati ranking ke-5 dari 37 siswa yang di seleksi. Melihat kenyataan ini Sri berharap tahun depan pelaksanaan PPDB Online dapat diimbangi dengan ofline yaitu dengan menerapkan tes diagnostik di sekolah yang dituju.

“Inginnya tahun depan sebaiknya untuk jalur prestasi ada tes lagi, saya ingin nya ada tes dari sekolah sehingga betul tidak sih nilai SKNAnya dapat dibuktikan. Maka disini pun anak yang prestasi saya berikan tes lagi kemarin. Berupa tes diagnostik, dan hasilnya ternyata mereka tidak sesuai dengan nilainya (SKNA) itu,” jelas Sri saat dikonfirmasi pada, Rabu (20/7/2022) di ruang kerjanya.

Kepala Sekolah yang sudah 1,5 tahun menjabat ini, mengaku jika pelaksanaan PPDB Online tahun ini berjalan cukup baik, hal ini ia nilai berdasarkan jumlah kunjungan orang tua calon siswa yang lebih sedikit dibanding tahun lalu.

“Tahun ini kunjungan orang tua calon siswa tidak seramai tahun dulu, kalau tahun dulu kan berbondong-bondong ke sekolah, ketika kursi saya sediakan sampai keluar tidak terisi penuh, bahkan di dalam pun hanya satu dua orang saja. Saya fikir sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Bekasi sudah baik, sehingga banyak orang tua calon siswa yang memahami mekanisme pelaksanaan PPDB Onlie kali ini. Peran UPP di Kecamatan juga saya pikir patut mendapat apresiasi, sehingga pelaksanaan PPDB Online tahun ini berjalan lebih baik dari tahun sebelumnya,” pungkas Sri.

Disisi lain, hari ke dua pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMPN 5 Kota Bekasi lebih banyak dilakukan di dalam ruangan kelas. Terlihat antusiasme para siswa mengikuti rangkaian kegiatan.

Salah satu peserta MPLS yang berhasil di mintai keterangannya, mengungkapkan kegembiraannya karena berhasil sekolah di tempat yang diinginkannya.

“SMPN 5 SMP yang aku mau. Kakak ku kan sekolah disini terus ceritain tentang SMP 5 jadi aku tertarik. Kakak bercerita sekolahnya gede, gurunya baik-baik, dan temannya banyak. Banyak kelasnya, jadi aku seneng banget,” ungkap Alma Amira.

Alma berjanji akan mempertahankan prestasi yang sudah diraihnya semenjak Sekolah Dasar. “Insyaallah bisa mempertahankan prestasi untuk membanggakan orang tua,” pungkasnya.

Ditempat terpisah, salah satu orang tua siswa (Nayrana Zahra Adelia) yang berhasil kami hubungi melalui telepon mengaku bangga anaknya bisa melanjutkan sekolah di tempat yang diinginkan oleh anaknya.

“Selain jaraknya dekat dengan rumah, juga kualitas pendidikan dan anak saya dari SD memang sudah berkeinginan untuk melanjutkan sekolah di SMPN 5,” ungkapnya.