Tim Bola Voli Putra SMPN 31 Kota Bekasi Rebut Kembali Juara Pertama

Oleh indra lesmana 10 Agu 2022, 11:01:52 WIB Olahraga
Tim Bola Voli Putra SMPN 31 Kota Bekasi Rebut Kembali Juara Pertama

Keterangan Gambar : Dari kiri ke kanan: Rekso Jati Wibowo (Pembina Olahraga), Sujud Arya Kusuma (Kapten Tim), Suharyanto (Kepala Sekolah SMPN 31)


Kota Bekasi – Setelah sebelumnya meraih gelar juara pertama pada perlombaan turnamen bola voli putera tingkat SMP se-Kota Bekasi pada gelaran O2SN tingkat Kota Bekasi, kini tim bola voli putera SMPN 31 Kota Bekasi kembali meraih gelar juara pertama pada perlombaan bola voli tingkat SMP se-Kota Bekasi dan sekitarnya yang diselenggarakan oleh Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kota Bekasi.

Suharyanto, S.Pd., M.Pd., mengakui bahwa semenjak menjabat sebagai Kepala Sekolah di SMPN 31 di tahun 2020 sudah memiliki keyakinan terhadap tim bola voli SMPN 31 bisa meraih prestasi yang membanggakan saat melihat kekompakan (solid) tim.

“Selaku kepala sekolah dari tahun 2020, saya sudah feeling bahwa tim bola voli putera itu sudah solid. Setelah masuk 31 untuk voli  O2SN tingkat Kota Bekasi kita juara 1 dan juga PENCAB PBVSI alhamdulilah kita juga juara 1,” ungkap Suharyanto di SMPN 31 Kota Bekasi, Perumahan Taman Rahayu Regency Jalan Pangkalan No.8, RT.001/RW.009, Ciketing Udik, Kec. Bantar Gebang, Kota Bks, Jawa Barat 17153 pada, Senin (9/8/2022).

Ia menambahkan bahwa, selama di 31 selaku kepsek selalu siap untuk mendukung dan mengakomodasi untuk ekskul-ekskul yang menonjol atau berpotensi tidak hanya voli, termasuk memberikan kebutuhan tim, atlet, akomodasi dan macam-macamnya agar bisa terus semangat berlatih dan berlomba.

Ditempat yang sama, Sujud Arya Kusuma (15), siswa kelas 9 yang menjadi kapten tim mengaku mulai berlatih bola voli semenjak kelas 1 SD dan terus melajutkan berlatih bola voli hingga saat ini. Ia pun mengungkapkan kebanggaannya terhadap kekompakan timnya.

“Saya berlatih bola voli sejak kelas 1 SD hingga saat ini. Disini latihannya 2 kali dalam seminggu, hari sabtu dan minggu selama 2 jam. Saya bangga dengan kekompakan tim, jadi bisa juara satu terus. Juara satu O2SN tingkat Kota Bekasi dan Juara satu PBVSI tingkat SPM se-Kota Bekasi dan sekitarnya,” pungkas Arya.

Menurutnya kekompakan tim modal utama untuk menjadi juara, selain latihan,kerja keras dan juga doa dari orang tua.

“Menurut saya kekompakan tim modal utama untuk menjadi juara. Untuk itu sering ngumpul aja sih pak, saling ngobrol, berangkat latihan bareng, pulang latihan bareng,” terang Arya, seraya memberikan tips dan trik kepada teman-temannya di sekolahnya maupun di sekolah lainnya.

Masih di tempat yang sama, Rekso Jati Wibowo, selaku pembina olahraga sekaligus salah astu guru olahraga mengungkapkan metode yang dilakukannya dalam merekrut anak didiknya ke dalam tim bola voli SMPN 31.

”Metode yang kita terapkan itu selalu dari teknik dasar dulu, karena di SMP kami itu bukan dari anak klub jadi kita latih benar-benar dari nol dari dasar. Kita motivasi dan kita ajari terus dengan latihan bagi yang memang benar sungguh-sungguh. Selain itu kami menghadirkan juga pelatih khusus dari luar sekolah,” ungkap Rekso.

Rekso juga mengungkapkan bahwa tim bola voli putera SMPN 31 diambil dari siswa kelas 8 dan kelas 9 saja. “Ada campuran dari kelas 8 dan 9 walau dominan kelas 9,” tutupnya.