Uu Saeful Mikdar Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi Raih Gelar Doktor Dari UNJ

By Renprog 11 Feb 2020, 11:45:03 WIB Umum
Uu Saeful Mikdar Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi Raih Gelar Doktor Dari UNJ

Keterangan Gambar : Saat sidang terbuka


Bekasi, Info Pendidikan
Setelah menyelesaikan studi S3 nya di sekolah Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi, UU Saeful Mikdar saat ini menyandang gelar Doktor Manajemen Pendidikan.

Gelar Doktor Manajemen Pendidikan tersebut di raihnya setelah menjalani Sidang Terbuka Promosi Doktor, Senin (03/02/2020) di Gedung Pasca Sarjana Lt. VI Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Mengambil program S3 dengan disertasi Bidang Ilmu Manajemen Pendidikan di Universitas Negeri Jakarta, UU Saeful Mikdar mendapat hasil yang membanggakan dengan predikat sangat memuaskan.

Selama menempuh Pendidikan S3 di UNJ
tentu tak mudah bagi UU Saeful Mikdar untuk menyelesaikan studinya. Ia mulai mengikuti pendidikan S3 sejak tahun 2012 namun ditengah kesibukannya bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Bekasi, sempat cuti atau of selama 4 tahun.

Ditemui diruang kerjanya Senin, (10/02) Pak UU panggilan akrab UU Saeful Mikdar kepada IP mengatakan dengan berjalannya waktu Ia, pun dapat menyelesaikan studi S3 nya. “Saya tidak menyangka dapat menyelesaikan studi S3 saya ini karena kesibukan bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), saya sempat cuti atau of selama 4 tahun,”ungkap Dia.

“Namun seiring berjalannya waktu dengan keinginan untuk menyelesaikan studi S3, saya dapat memanfaatkan waktu antara belajar dan bekerja akhirnya semua bisa berjalan dengan baik,”ujarnya.

“Alhamdulillah akhirnya saya lulus sidang disertasi S3, gelar doktor ini menjadi anugerah luar biasa bagi saya, dan keluarga, terimakasih untuk semua atas doa dan dukungannya,”ungkap UU Saeful Mikdar.

Ia juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh dosen pembimbingnya, karena selalu memberikan support, hingga dapat menyelesaikan studi S3 nya dengan baik.

Setelah mendapat gelar Doktor harapannya Ia ingin manfaatkan ilmu yang didapatkannya untuk kepentingan kemajuan pendidikan di Kota Bekasi.

“Mudah-mudahan Ilmu yang telah saya dapat, bisa berguna dan dapat diterapkan untuk mengembangkan dan meningkatkan pengelolaan pendidikan di Kota Bekasi,”tambahnya.

Ketika disinggung tentang harapannya ke depan, setelah pensiun nanti dari ASN dirinya menjawab dengan tegas akan terus bekerja di pendidikan. “Mengajar adalah dunia saya, saya nanti akan mengajar sebagai dosen di perguruan tinggi di Kota Bekasi,”pungkas UU Saeful Mikdar

Mengawali Karir sebagai guru di SMPN Cikelet Pameungpuk Garut pada tahun 1989 sampai dengan 1992, UU Saeful Mikdar kemudian mendapat tugas mengajar di SMK Karya Bakti 1 waktu itu masih bernama SMEA sebagai guru PNS yang diperbantukan ke sekolah swasta.

Selama tujuh tahun mengajar di SMK Karya Bakti 1 Kota Bekasi (1992- 2005) akhirnya pada awal tahun 2006 setelah mengikuti dan lulus tes Kepala Sekolah dirinya mendapat promosi menjadi Plt. Kepala SMKN 3 Kota Bekasi. Hanya selang 6 bulan menjadi Plt. SMKN 3 Kota Bekasi Januari-Juni 2006 ditahun yang sama pada bulan Juli 2006 diangkat menjadi Kepala Sekolah defenitif di sekolah tersebut.

Menjadi Kepala SMKN 3 Kota Bekasi selama 6 tahun dari 2006 hingga 2012, UU Saeful Mikdar kembali di promosikan menjadi pengawas SMK. Selama 2 tahun bertugas sebagai pengawas SMK akhirnya Ia diangkat menjadi pejabat struktural dengan jabatan sebagai Kepala Seksi (Kasi) Data Perencanaan Dinas Pendidikan Kota Bekasi pada tahun 2014.

Setelah menjabat Kepala Seksi (Kasi) Data Perencanaan, Ia dirotasi jadi Kepala Seksi Kurikulum, dari sana kembali dirotasi jadi Kepala Seksi Kelembagaan. Dua tahun menjabat Esolan IV sebagai Kepala Seksi di 3 bidang yang berbeda akhirnya UU Saeful Mikdar mendapat kepercayaan menduduki jabatan esolan III Kepala Bidang Pendidikan Menengah pada bulan juni tahun 2016.

Saat menjabat Esolan III Kepala Bidang (Kabid) Ia juga telah dirotasi sebanyak 3 kali untuk menduduki 3 bidang yang berbeda yakni Kabid Dikmen, Kabid Sapras dan Kabid Dikdas hingga akhirnya di promosikan sebagai sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi tahun 2019.

UU Saeful Mikdar lulus pendidikan D3 di IKIP Bandung tahun 1988 jurusan Dunia Usaha, kemudian meraih S1 dari IKIP Muhammadiyah dengan jurusan Dunia Usaha dan melanjutkan S2 ke LPMI Jakarta dan mendapat gelar Master Manajemen dan sekarang telah meraih gelar Doktor Manejemen Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta.

Jika merunut riwayat karir maupun Pendidikan dari UU Saeful Mikdar, nampaknya pria yang memiliki dua anak laki dan 1 anak perempuan serta sudah memiliki 2 cucu ini tak bisa diragukan lagi baik kemampuan, pengalaman maupun pengetahuannya di dunia pendidikan.

UU Saeful Mikdar telah mengabdi sejak tahun 1989 di dunia pendidikan, Ia meniti karir mulai dari guru hingga mendapat kepercayaan sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi pada saat ini. Selama 31 tahun malang melintang di dunia pendidikan duka dan senang, telah berhasil dilaluinya.

Bekerja di dunia pendidikan bukanlah pekerjaan yang mudah karena penuh dengan dinamika jika di SKPD lain hanya mengurus ratusan orang, di pendidikan akan jauh berbeda karena harus mengurus ribuan guru, tenaga kependidikan dan juga puluhan ribu siswa dari TK, SD hingga SMP.

Semoga apa yang telah di raih dan di capai oleh UU Saeful Mikdar dapat menjadi contoh bagi guru-guru di Kota Bekasi, walaupun dirinya tidak sehebat apa yang dicapai dan diraih oleh orang lain paling tidak ini sudah cukup untuk dapat dan dijadikan sebagai motivasi.? JOS




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari akun Facebook

Tulis Komentar

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. Jaya 15 Feb 2020, 12:43:04 WIB

    Apakah auting class memang di wajibkan dan masuk program pendidikan kok di sdn kalibaru 2 rawa bambu hanya perwakilan saja yg di ajak rapat orang tua murid tidak di ikut sertakan

    admin 16 Mar 2020, 09:58:52 WIB

    Outing class tidak diperkenankan oleh Dinas Pendidikan Kota Bekasi, bagi sekolah yang mengadakan Outing class harus memilki Izin dari Dinas Pendidikan Kota Bekasi

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar