WASPADA !!! SURAT EDARAN PALSU

Oleh Subagperlap 25 Feb 2019, 16:13:38 WIB Umum
WASPADA !!! SURAT EDARAN PALSU

Keterangan Gambar : surat palsu


Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi H.M. Ali Fauzie, M.Pd mengimbau jajaran Kepala Sekolah baik Negeri dan Swasta Se-Kota Bekasi untuk tidak merespon surat nomor 442/2276/Disdik terkait kebutuhan pemutakhiran data siswa TP 2018/2019 tanggal surat 19 Februari 2019. 

Kadisdik menjelaskan pihaknya tidak pernah mengeluarkan surat tersebut ataupun bahkan menandatanganinya. Ini berarti surat tersebut palsu atau informasi hoax. Didalam surat palsu ini, menyerupai surat asli bahkan lengkap berisi Kop Surat dan ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi H.M. Ali Fauzie, M.Pd. 

"Jangan percaya edaran surat tersebut yang dikirim ke operator sekolah. Disdik tidak mengeluarkan surat tersebut," kata Ali Fauzie, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Senin, (25/2/2019). 

Ia menganggap pembuat surat palsu ini berkepentingan mencari informasi data pribadi siswa termasuk nomor telepon pribadi orang tua murid dan mungkin saja disalahgunakan. 

"Takutnya dipakai yang tidak-tidak untuk mencari keuntungan pihak tidak bertanggung jawab," kata Ali Fauzie,  Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi . 

Surat nomor 442/2276/Didik terkait pemutakhiran data siswa TP 2018/2019 ini berisi imbauan operator untuk mengisi data sekolah dengan lengkap dan akurat. Data tersebut diajukan sebagai dasar untuk pembahasan Alokasi Dana Sekolah dari Pemerintah Pusat. 

Sebelumnya, Tim Teknis Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Qodir dimintai konfirmasi mengenai benar tidaknya surat tersebut dari salah satu operator di salah satu SDN di Kelurahan Jakasampurna Kecamatan Bekasi Barat. 

Tim langsung mengkroscek informasi tersebut ke bagian Umum Dinas Pendidikan dan tidak menemukannya dalam surat keluar. 

"Dari letak tata naskah dinas sudah salah dan nomor surat tidak ada dalam register surat keluar. Ini surat hoax atau palsu," kata Qodir.

Lanjut Qodir, Dinas Pendidikan telah memiliki alamat email resmi  opd.disdik@bekasikota.go.id dan call center di 082113781258  dan bisa diakses 24 jam. 

"Alamat email surat palsu ini menggunakan akun Gmail. Sedangkan email resmi kita diperoleh dari Diskominfostandi di alamat email opd.disdik@bekasikota.go.id," pungkas Qodir. (goeng)